Selasa, 03 November 2009

Melindungi Anak dari Flu

Virus influenza sangat mudah menular. Meski Anda sudah berusaha menjaga si kecil di rumah, mereka bisa terpapar virus itu dari lingkungan sekitar. Ajarkan si kecil untuk menjaga kebersihan, dan bekali dengan daya tahan tubuh yang baik.

Kebiasaan hidup bersih bisa menjaga buah hati Anda dari penularan virus dan penyakit. Sejak dini, Anda perlu menanamkan kebiasaan baik semacam ini:

1. Mencuci tangan dengan sabun

Selalu biasakan buah hati untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan. Juga setelah selesai buang air, setelah memegang binatang atau sesampainya di rumah setelah bepergian. Berbagai bakteri dan virus pemicu penyakit bisa dengan mudah menempel pada tangan dan berkembang-biak dengan cepat jika tangan tidak dicuci dengan sabun.

2. Membersihkan mainannya sendiri

Aneka mainan seperti boneka, bola, atau mobil-mobilan yang dimainkan si kecil setiap hari, tentunya sudah terkontaminasi bakteri. Sebaiknya bersihkan mainan-mainan tersebut minimal satu minggu sekali. Jika si kecil sudah mengerti, ajaklah dia membersihkan maianannya sendiri. Hal tersebut sekaligus menanamkan tanggung jawab kebersihan pada dirinya sedari kecil.

3. Bekali tisu
Lebih baik gunakan tisu untuk menutup hidung buah hati saat bersin atau batuk dibandingkan menggunakan sapu tangan. Sapu tangan cenderung digunakan berkali-kali dan bakteri yang menempel pasti lebih banyak.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selain menanamkan sikap menjaga kebersihan, Anda juga perlu membekali buah hati Anda dengan pola hidup sehat. Biasakan si kecil mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, terutama di masa pancaroba. Vitamin yang terkandung di dalamnya akan menjadi antibodi alami untuk menangkal virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

1 komentar: